Kamis, 24 April 2014

6 point yang perlu diketahui dalam merawat cucak kombo

Akhir-akhir ini kecial kombo atau lebih dikenal cucak kombo sedang marak-maraknya di kota Solo dan Jogja. Dan sudah mendapat tempat tersendiri di dalam kelas lomba burung berkicau di kota-kota selain Solo dan Jogja. Dulu sebelum banyak peminat seperti sekarang cucak kombo hanya dijadikan sebagai master untuk isian burung seperti cucak hijau, Murai batu, maupun cendet. Tapi seiring bartambah banyak peminat cucak kombo sudah memiliki tempat tersendiri di dalam kelas lomba burung kicauan di Indonesia.
Cucak Kombo
Cucak Kombo
Dalam postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam perawatan cucak kombo agar burung cepat gacor dan tidak mudah mati. Cucak kombo merupakan burung sejenis kolibri yang senang menghisap madu. Namun burung ini sangatlah susah untuk di setting untuk makan voer, tidak seperti kolibri ninja (konin) maupun kolibri muncang. Maka dari itu dalam tulisan saya ini saya akan membahas apa saja yang perlu disiapkan didalam sangkar agar burung cucak kombo bisa bertahan lama dan rajin berkicau :
  1. Yang pertama adalah sediakan empat cepuk didalam sangkar, cepuk pertama di isi dengan air gula/nektar untuk cara pembuatannya bisa dibaca disini, cepuk yang kedua untuk susu kental manis putih, cepuk ketiga berisi air putih biasa, untuk cepuk ini pilihlah yang besar dan tidak terlalu dalam fungsinya untuk minum dan mandi burung cucak kombo, yang terakhir cepuk ukuran kecil untuk EF bisa berupa kroto/UH/lalat.
  2. Berikan tangkringan yang pas untuk kaki cucak kombo paling tidak kakinya bisa mencengkeram 2/3 dari besarnya tangkringan, hal ini berfungsi agar CK (cucak kombo) nyaman didalm sangkar. untuk setingan tangkringan atau pola tangkringan bisa disesuaikan selera kita.
  3. Kandang yang bagus untuk cucak kombo adalah kandang yang sedang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan usahakan kandang yang tinggi kira-kira ukuran 40 cm x 40 cm dengan tinggi sangkar 60 cm. Hal ini berfungsi untuk menyesuaikan keadaan dialam liar karena cucak kombo suka terbang ngleper seperti kolibri.
  4. EF berupa UH/Kroto/Lalat usahakan selalu ada dan jangan terlalu banyak-banyak. Mengapa saya menyarankan untuk setiap hari selalu ada, karena burung ini selain pemakan nektar cucak kombo juga pemakan serangga kecil.
  5. Usahakan ganti air minum dan air gula setiap hari atau maksimal 2 hari sekali. jangan sampai berhari-hari karena rentan terkena penyakit dan membuat CK jadi malas berkicau dan bisa fatal sampai kematian.
  6. yang tidak kalah penting adalah penjemuran dan mandi. Cucak kombo termasuk burung yang suka mandi jadi usahakan mandikan burung 2 x sehari di pagi hari dan sore hari. Untuk penjemuran bisa dilakukan saat pagi hari kurang lebih 2-3 jam sebelum jam 10 pagi.
Mungkin itu dulu share yang saya berikan malam hari ini semoga artikel ini dapat menjadi acuan dan refrensi untuk para pecinta maupun para pemula yang tengah memelihara burung cucak kombo dirumah. 

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon