Sabtu, 26 Juli 2014

cara memilih bakalan cucak kombo yang bagus dan prospek juara.

Pilihlah yang prospek dan burung berciri-ciri jantan terlebih dahulu.Bakalan yang baik memiliki postur badan yang tegap, sehat, lincahh, dan lahap makan air gula maupun kroto/ulat kandang. Sayap yang rapih, simetris dan tidak turun.dan yang paling penting pilihlah bakalan yang bekepala besar karena menurut katuranggan burung yang berkepala besar diyakini memiliki kepintaran diatas rata-rata dan bersuara lantang.

kecial kombo
Kecial Kombo
Perhatikan juga bentuk dan ukuran paruh pilihlah ujung paruh yang lancip dan sedikit melengkung.cari yang berpangkal paruh besar dan lubang hidung tembus kanan-kiri dan berlubang besar. pilihlah yang berleher besar dan terlihat kokoh jangan pilih yang berleher kecil dan panjang. Matanya jeli, meski kecil bisa dibedakan yg punya mata jeli menonjol pertanda punya mental adaptasi yg baik.


Kendala saat memilih burung bakalan/ombyokan:

  1. Karena dijadikan satu sangkar, burung biasanya dalam keadaan stress dan tidak tenang
  2. Kecial kombo jika dijadikan satu sangkar akan saling serang dan mematuk (di Bali pedagang Kecial Kombo dalam kantong semen biasanya kaki diikat satu-sama lain, mengurangi kesempatan utk saling patuk dan cedera).
  3. Burung yg lama bersama dalam sangkar akan mempunyai bulu yg lengket, karena mandi/terkena air gula
  4. Kumpulan KK dalam satu sangkar ombyokan kurang terawat pakannya, biasanya kurus-kurus


Saat memilih ombyokan yg jadi perhatian penting adalah burung harus gemuk dan tulang dada tidak menonjol/nyilet. KK meskipun terlihat segar dan lincah tapi blm tentu sehat/gemuk, raba dan sibak bulu bagian dada. Burung yg sehat dan fit akan terlihat gemuk. Burung kurus akan lama penanganannya dan lama utk bisa gacor

oleh om mataputeh KM



Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon