Rabu, 27 September 2017

Tahapan Bunyi Pada Pleci

Tags

Kali ini Omah Kicau akan membahas tentang tahapan bunyi pada pleci dari diam sampai ngalas ngerol. Masih banyak sekali orang yang masih bingung tentang tahapan bunyi pada pleci.

Ada beberapa tahapan bunyi pada pleci yang harus anda ketahui agar anda tau proses perubahan suara pleci. Jika anda punya pleci dirumah pasti anda akan mengetahui sampai dimana bunyi pleci anda sesudah membaca artikel ini.

ngriwik kasar, ngriwik halus, buka paruh
Pleci Buka Paruh
Sebelumnya anda harus memastikan bahwa burung pleci anda berjenis kelamin jantan. Sebab jika burung betina tidak akan melawati tahapan ini dikarenakan betina memiliki suara yang monoton saja.

Baca juga : Cara Membedakan Jantan Betina Pleci Paling Ampuh

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara membuat burung pleci bahan menjadi gacor dalam waktu singkat. Mereka tidak tahu menahu bahwa setiap burung memiliki proses dan step-step untuk menjadi gacor.

Berikut ini akan saya jelaskan tentang tahapan burung pleci dari diam menjadi rajin bunyi :

Pleci diam
Tahap pertama adalah pleci banyak diam hanya mengeluarkan suara panggilan ciiw ciiw ciiw saja. Burung bahan ombyokan kebanyakan ada ditahap ini dimana burung masih beradaptasi dengan suasana yang baru. Pada tahap ini rawatlah burung anda dengan baik penuhi nutrisinya dan lakukan proses penjinakan juga pemasteran.

Tahap Ngriwik
Tahap kedua adalah ngriwik dimana burung sudah mulai menyusun lagu. Ngriwik dibedakan lagi menjadi dua yaitu ngriwik halus dan ngriwik kasar.

Ngriwik halus adalah proses dimana pleci sudah mulai bersuara meski dengan volume yang sangat kecil. Hal ini ditandai burung terdiam dengan mata terpejam, tenggorokan bergerak seperti berkumur dengan sesekali membuka paruh sedikit. Pada fase ini burung masih takut dengan manusia lakukan proses penjinakan lebih lanjut.

Ngriwik kasar merupakan tahapan setelah burung sudah beradaptasi dengan baik dengan lingkungan manusia. Pada kondisi ini volume dan lagu burung sudah terlihat jelas dengan membuka paruh 50 persen. Pada tahap ini mulailah membiasakan burung untuk diajak jalan-jalan ke tempat ramai seperti arena lomba atau pasar.

Ngeplong
Setelah tahap ngriwik maka burung akan mengeluarkan suara yang lantang dengan durasi yang pendek atau biasa dikenal dengan ngeplong. Ngeplong biasa diawali dengan riwikan kasar dilanjut tembakan keras. Pada tahap ini mulailah untuk mengatur birahi burung agar mencapai fase selanjutnya.

Ngalas Ngeroll (LasRol)
Ini merupakan tahap akhir dimana burung sudah mencapi puncak birahi yang stabil. Ditandai dengan suara burung yang lantang dengan isian yang dilantunkan dengan keras dan berulang-ulang. Pada tahap ini cobalah kenalkan dengan gantangan.

Setiap pleci memiliki perbedaan dalammelewati tahap-tahap tersebut ada yang cepat ada yang lambat terkadang hanya bunyi sampai di ngeplong saja. Rawatlah dengan baik burung pleci anda agar burung menjadi rajin bunyi.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon